| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi guru dalam proses pembelajaran, karena strategi yang tepat dalam peningkatan kedisiplinan belajar akan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mendorong siswa untuk lebih aktif. Jika proses pembelajaran menyenangkan dan membuat siswa aktif, maka hal tersebut akan mampu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di dalam kelas. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru Fikih dalam peningkatan kedisiplinan belajar siswa di kelas VI O Madrasah Ibtida’iyah Salafiyah Syafi’iyah Putri Sukorejo. (2) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa di kelas VI O Madrasah Ibtida’iyah Salafiyah Syafi’iyah Putri Sukorejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang menggambarkan kenyataan yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Strategi guru Fikih dalam peningkatan kedisiplinan belajar siswa di kelas VI O di Madrasah Ibtida’iyah Salafiyah Syafi’iyah Putri dilakukan dengan mengikuti aturan pesantren. MI ini memiliki aturan tersendiri yang menuntut siswi untuk masuk tepat waktu, mengadakan sosialisasi, menyambut siswi, serta memberikan pembinaan melalui beberapa tahap yaitu nasihat, peringatan, dan sanksi. Strategi di kelas VI O juga mencakup pemberian motivasi kepada siswi agar tertanam sikap disiplin dalam dirinya masing-masing. Guru di dalam kelas menyampaikan peraturan terkait untuk mensukseskan pembelajaran, termasuk materi Fikih. Guru bersikap tegas terhadap peraturan yang telah disampaikan dan disepakati di awal tatap muka, serta mendapat dukungan dari guru BP dalam mendisiplinkan siswi baik di dalam maupun di luar kelas. Strategi yang digunakan ustadzah sudah cukup baik dan sangat mendukung sikap siswi dalam mengikuti pelajaran dan mengerjakan tugasnya.
(2) Kedisiplinan belajar siswa di kelas VI O menunjukkan bahwa siswa sangat disiplin dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas, seperti membawa kitab dan buku tulis lengkap, mendengarkan penjelasan guru, menerjemahkan kitab dengan baik, serta mencatat materi penting yang dijelaskan guru. Jika dilihat dari daftar kehadiran, hampir tidak ada siswa yang alpa kecuali karena sakit, dan berdasarkan daftar nilai, tidak ada satu pun nilai yang kosong. | en_US |