View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembiasaan Menghafal Juz ‘Amma dalam Penguatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas V di MI Bustanul Ulum Jatiroto Lumajang Tahun Pelajaran 2023-2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.735Mb)
    Date
    2024-08-21
    Author
    Khoirunnisa, Rizky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas seorang pendidik untuk mengajarkan untuk menanamkan Al-Qur’an sejak dini dan mengajari peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dengan program menghafal juz ‘amma, dan Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meganalisis efektivitas metode pembiasaan dalam menghafal Juz 'Amma sebagai upaya penguatan kualitas bacaan Al-Qur'an di MI Bustanul Ulum. Metode pembiasaan ini diimplementasikan melalui proses pembelajaran yang berkelanjutan dan terstruktur, dengan fokus pada pengulangan materi hafalan serta teknik-teknik bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan metode pembelajaran Al-Qur'an di sekolah Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman siswa dalam mengikuti metode pembiasaan ini. Fokus penelitia dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Metode Pembiasaan Juz ‘Amma Di MI Bustanul Ulum Jatiroto Lumajang. (2) Bagaimana Penguatan Kualitas Bacaan Siswa Kelas V Di MI Bustanul Ulum Jatiroto Lumajang Dengan Metode Pembiasaan Menghafal Juz ‘Amma. Hasil penelitian ini: (1) Dalam program menghafal juz ‘amma ini yang sudah menjadi program madrasah guru dapat menjadi fasilitator untuk melatih dan mengingatkan kepada peserta didik dalam proses menghafalnya dengan menggunakan pembiasaan dan salah satu prosesnya membaca dengan teman sebaya dengan tujuan dapat saling mengoreksi serta menumbuhkan sikap toleransi bagi sesame teman. (2) Penguatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di MI Bustanul Ulum Jatiroto Lumajang dilakukan dengan melakukan pembiasaan menghafal Juz ‘Amma serta membimbing peserta didik dalam tarkul ma’ashi, berulang-ulang tanpa kesalahan serta memahami makna yang terkandung didalamnya, dan juga bisa memahami hukum-hukum tajwid dalam membaca Al-Qur’an. Dengan hal ini dapat membuat program ini terealisir dengan baik dan bagus. Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Kualitas Bacaan Al-Qur’an
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/65
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV