Show simple item record

dc.contributor.authorWafiroh, Rizqiyah
dc.date.accessioned2025-11-22T16:53:06Z
dc.date.available2025-11-22T16:53:06Z
dc.date.issued2024-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/66
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi tentang pembentukan akhlakul karimah yang diterapkan oleh pembentukan akhlakul karimah siswa di MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisi mempromosikan dan menginternalisasi nilai-nilai akhlakul karimah, seperti kesabaran, kejujuran dan toleransi, dalam lingkungan pendidikan madrasah. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kebijakan kepala madrasah dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukungnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang akhlak siswa di sekolah ini masih tergolong cukup baik, dan masih bisa mengikuti peraturan yang diterapkan di sekolah. Akan tetapi belum terlaksanadengan maksimal strategi dalam pembentukan akhlakul karimah siswa. Dalam pembentukan akhlakul karimah siswa adalah menerapkan pembiasaan,memberikan contoh atau keteladanan, memberikan pujian atau ajakan, pemberitahuan,teguran, peringatan, larangan, dan hukuman. Namun belum terlaksana dengan baik. Dalam proses belajar mengajar pasti ditemukannya kendalakendala. Khususnya yang dalam pembentukan akhlakul karimah siswa, akan tetapi kendala tersebut diantaranya, adanya siswayang masih melanggar aturan sekolah, akan tetapi kendala ini dapat diatasi oleh pihak sekolah dengan cara memberikan teguran, peringatan dan larangan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan pendidikan di madrasah dalam upayah meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Indonesia, khususnya di MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak, guru BK, dan siswa MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan yaitu deskriptif analisis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan akhlakul karimah siswa di MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi. Kata Kunci : Pembentukan, akhlakul karimahen_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectPembentukan, akhlakul karimahen_US
dc.titlePembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MTS Nurul Huda Badean Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023-2024en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record