View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Kepedulian Lingkungan Siswa di SMP Islam Al-Mannan Bagik Nyaka Santri Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur NTB Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.855Mb)
    Date
    2024-08-21
    Author
    Nurhidayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Agama Islam mengajarkan bahwa menjaga lingkungan merupakan bagian dari tanggung jawab seorang muslim. Islam menekankan prinsip menjaga kebersihan dan kelestarian alam sebagai bagian dari ibadah dan ketaatan kepada Tuhan. Siswa yang memahami nilai-nilai ini cenderung lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kepedulian lingkungan siswa di SMP Islam Al-Mannan Bagik Nyaka Santri Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur, NTB. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel seluruh siswa SMP Islam Al-Mannan Bagik Nyaka Santri Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur, NTB sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh signifikan terhadap kepedulian lingkungan siswa. Hal ini terlihat dari nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,238 yang menunjukkan arah dan tingkat hubungan antara variabel Pendidikan Agama Islam (X) dengan variabel kepedulian lingkungan siswa (Y) dalam kategori rendah. Hasil koefisien determinasi juga berada dalam kategori rendah, namun nilai 𝑡ₕᵢₜᵤₙg signifikan. Uji T dengan taraf 5% menunjukkan bahwa 𝑡ₕᵢₜᵤₙg sebesar 5,682 > 𝑡ₜₐᵦₑₗ sebesar 1,671, serta nilai sig t 0,000 < 0,05.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/68
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV