| dc.description.abstract | Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Pendidikan merupakan hak setiap manusia dari semua kalangan tanpa membeda-bedakan latar belakang. Namun, masih banyak sekali guru yang menyamaratakan keberagaman dan kebutuhan belajar siswa sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal, khususnya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang masih dianggap mata pelajaran yang kurang diperhatikan. Untuk bisa mengakomodasi keberagaman siswa, guru perlu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran ini sudah mulai diimplementasikan di beberapa sekolah di Indonesia, salah satunya di SMA Negeri 1 Panji Situbondo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah, implementasi, dan peningkatan hasil belajar implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas XI 9 SMAN 1 Panji Situbondo khususnya mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Lokasi penelitiannya bertempat di SMA Negeri 1 Panji Situbondo. Penelitian dilakukan di SMAJI selama kurang dari satu bulan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara pendekatan kualitatif dan jenis fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sudah dilaksanakan. Pembelajaran berdiferensiasi di kelas XI 9 SMA Negeri 1 Panji Situbondo dilakukan dengan beberapa langkah yaitu pemetaan kebutuhan belajar siswa yang dapat dihasilkan dari asesmen awal berupa pretes, merencanakan pembelajaran dalam bentuk modul sesuai dengan hasil pemetaan belajar siswa berdasarkan empat bentuk pendekatan yaitu diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar, kemudian melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai perencanaan yang telah dibuat dan jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah. Langkah terakhir ialah melakukan refleksi dan evaluasi dengan asesmen formatif dan sumatif dalam mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Diketahui setelah implementasi pembelajaran berdiferensiasi dilakukan, hasil belajar di kelas XI 9 SMA Negeri 1 Panji menjadi meningkat dengan baik. Diharapkan dari penelitian ini dapat dijadikan informasi bagi pihak terkait agar meningkatkan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. | en_US |