| dc.description.abstract | Penelitian ini dilihat dari latar belakang masalah perlu dilakukan metode pembelajaran yang bisa membuat siswa ada kemauan untuk belajar dan bisa lebih aktif dan bersemangat. Pada masalah ini peneliti lebih tertarik pada metode tipe student team untuk meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada kelas X1 pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 SITUBONDO. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) bagaimana penerapan pembelajaran tipe student team dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X1 pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Situbondo, 2) Apakah penerapan pembelajaran tipe student team dapat meningkatkan minta belajar siswa pada kelas X1 di SMAN 1 Situbondo. Tujuan dari diterapkannnya metode Tipe Student Team adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan kekurangan yang terdapat pada pembelajaran didalam kelas, yaitu dilakukan dengan cara tertentu agar dapat memperbaiki serta meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan 4 tahapan. Yaitu tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Perencanaan ini terdapat dua siklus ketika siklus I kurang berhasil maka bisa dilanjutkan dengan melanjutkan siklus II. Hasil penelitian ini adalah; metode Tipe Student Team dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X 1 dengan jumlah 36 siswa, dengan KKM 75. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus 14,7% dan pada siklus I hampir mencapai KKM namun masih kurang 41,1% dan dilihat dari siklus II bahwasanya sudah mencapai 85,2%. Hal ini berarti target minat siswa menggunakan metode Tipe Student Team yang ditetapkan peneliti sudah tercapai. | en_US |