Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skill menggunakan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII E MTSN Karangasem Bali Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan mindmapping dalam meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTS). Metode mindmapping diimplementasikan sebagai pendekatan pembelajaran alternatif untuk memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih mendalam dan penerapan pemikiran HOTS dalam konteks ajaran agama Islam. Dalam penelitian ini, dilakukan uji coba metode mindmapping pada siswa MTS. Metode ini diterapkan dalam pembelajaran SKI untuk membantu siswa merangkum informasi, memvisualisasikan hubungan antar konsep, serta merangsang refleksi dan analisis yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mindmapping secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep SKI. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode mind mapping dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran SKI di MTS.
