View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pendidikan Anti Bullying Perspektif Al-Qur’an dan Hadist

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.875Mb)
    Date
    2024-08-19
    Author
    Barizah, Nadratul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bullying merupakan fenomena sosial yang serius yang mengancam kesejahteraan psikososial individu, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Pendidikan anti-Bullying yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai moral dan etika yang terdapat dalam ajaran Islam, terutama Al-Quran dan Hadis sebagai sumber hukum dan panduan kehidupan umat Muslim. Studi pustaka ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif Al-Quran dan Hadis terkait dengan Bullying, serta mendiskusikan implikasi pendidikan anti-Bullying dari perspektif ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka yang menyelidiki teks Al-Quran dan Hadis yang relevan dengan konsep-konsep seperti keadilan, kasih sayang, pengampunan, dan penghargaan terhadap martabat manusia. Temuan dari studi pustaka ini menunjukkan bahwa Al-Quran menekankan pentingnya perlakuan yang adil dan penuh kasih sayang terhadap sesama manusia, tanpa memandang status atau fisik. Hadis-hadis Rasulullah saw. juga memberikan contoh konkret tentang penolakan terhadap perilaku yang merendahkan dan menyakiti orang lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan anti-Bullying yang berakar pada nilai-nilai Al-Quran dan Hadis dapat menjadi landasan yang kuat untuk membangun lingkungan sosial yang aman dan harmonis di masyarakat Muslim, di mana setiap individu dihormati dan dilindungi dari segala bentuk kekerasan dan penindasan. Pendidikan anti-Bullying merupakan pendekatan sistematis untuk mengatasi dan mencegah perundungan (bullying) di berbagai lingkungan, terutama di sekolah. Terdapat tiga pendidikan anti-Bullying yang bisa diterapkan dan hal ini sesuai dengan Al-Quran dan Hadis, yaitu: Pendidikan Anti Diskriminasi, Pendidikan Persaudaraan, dan Pendidikan Tidak Memanggil dengan Julukan Buruk.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/78
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV