| dc.description.abstract | Dunia pendidikan di era globalisasi saat ini dihadapkan denganberbagai permasalahan, seperti pergaulan bebas, dan pengaruh negatif dari budaya luar. Dimana semua permasalahan tersebut harus ada upaya dalammenanggulinya. Untuk mengatasinya, SMA Negeri 1 Panji Situbondotelah menerapkan program kegiatan keagamaan untuk membangunkarakter religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Strategi PembentukanKarakter Religius Siswa melalui Kegiatan Pembiasaan Keagamaandi SMA Negeri 1 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) BagaimanaImplikasi Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui KegiatanPembiasaan Keagamaan di SMA Negeri 1 Panji Situbondo TahunPelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenispenelitian lapangan (field research). Informan dalam penelitian ini adalahkepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, waka kurikulum, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancaradan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikandata dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Kegiatan Pembiasaan Keagamaan di SMANegeri 1 Panji terdiri dari tiga strategi, pertama strategi pemahaman, keduastrategi pembiasaan kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha/ dzuhur/ ashar berjamaah, tadarus Al-Qur’an, pembacaan istighosah, kegiatan PHBI, Jum’at berbagi, menerapkan 7S , ketiga strategi keteladanan. 2) Implikasi dari Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan PembiasaanKeagamaan adalah peningkatan dalam hal kegiatan keagamaan siswadiantaranya melaksanakan sholat berjamaah baik di sekolah maupundi rumah, disiplin, bertanggung jawab atas apa yang diperbuatnya, terbentuknya rasa peduli terhadap sesama, dan saling menyayangi ataubersahabat. | en_US |