Implementasi Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTS Sunan Ampel Buleleng Bali Tahun Pelajaran 2023-2024 (Studi Kasus di Kelas VIII MTS Sunan Ampel Sumberkima Buleleng Bali )
Abstract
Tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sunan Ampel Sumberkima Buleleng Bali Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas guru terhadap metode-metode pembelajaran dan kebanyakan hanya menggunakan metode ceramah saja. Sehingga tidak sedikit siswa yang mengantuk, ngobrol, dan tidak konsentrasi bahkan siswa cenderung jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Sehingga tidak tercipta suasana pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang menggunakan model pembelajaran Mencari Pasangan Kartu yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa.
Metode pengumpulan hasil data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi hasil belajar siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian yang diperoleh pada pra siklus sebesar 9,5%, kemudian pada siklus I 48%, dan pada siklus II meningkat menjadi 90,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
