View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTS Sunan Ampel Buleleng Bali Tahun Pelajaran 2023-2024 (Studi Kasus di Kelas VIII MTS Sunan Ampel Sumberkima Buleleng Bali )

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.355Mb)
    Date
    2024-08-24
    Author
    Carissa, Dita fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sunan Ampel Sumberkima Buleleng Bali Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas guru terhadap metode-metode pembelajaran dan kebanyakan hanya menggunakan metode ceramah saja. Sehingga tidak sedikit siswa yang mengantuk, ngobrol, dan tidak konsentrasi bahkan siswa cenderung jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Sehingga tidak tercipta suasana pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang menggunakan model pembelajaran Mencari Pasangan Kartu yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan hasil data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi hasil belajar siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian yang diperoleh pada pra siklus sebesar 9,5%, kemudian pada siklus I 48%, dan pada siklus II meningkat menjadi 90,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/88
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV