View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTS Nurul Iman Kelas Ix A Praya Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat Tahun Ajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (4.985Mb)
    Date
    2024-08-14
    Author
    Sulton
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melatih peserta didik untuk lebih berperan aktif pada proses pembelajaran dan guru sebagai motivator. Minat adalah kecendrungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu dan suatu rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah 1 ) Untuk mendiskripsikan implementasi model pembelajaran discovery learning, 2 ) Untuk mengidentifikasi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian:(1) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelaran Fiqih Di MTs Nurul Iman Kelas IX A meliputi (a) guru memberikan stimulus atau rangsangan kepada siswa agar siswa menjadi lebih bersemangat. (b) menentukan topik permasalahan yang relavan dengan bahan pelajaran. (c) guru membagi siswa menjadi beberapa kelmpok untuk melakukan diskusi, disana siswa diberikan kesempatan oleh gurunya untuk mengumpulkan data, mengolahnhya dan memberikan kesimpulan. (d) guru mengarahkan siswa untuk mempersentasikan hasil diskusinya . (2) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa: (a) kekurangannya yaitu: penerapan ini banyak menyita waktu. (b) kelebihannya yaitu: siswa dapat berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/89
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV