Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTS Nurul Iman Kelas Ix A Praya Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melatih peserta didik untuk lebih berperan aktif pada proses pembelajaran dan guru sebagai motivator. Minat adalah kecendrungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu dan suatu rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah 1 ) Untuk mendiskripsikan implementasi model pembelajaran discovery learning, 2 ) Untuk mengidentifikasi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian:(1) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelaran Fiqih Di MTs Nurul Iman Kelas IX A meliputi (a) guru memberikan stimulus atau rangsangan kepada siswa agar siswa menjadi lebih bersemangat. (b) menentukan topik permasalahan yang relavan dengan bahan pelajaran. (c) guru membagi siswa menjadi beberapa kelmpok untuk melakukan diskusi, disana siswa diberikan kesempatan oleh gurunya untuk mengumpulkan data, mengolahnhya dan memberikan kesimpulan. (d) guru mengarahkan siswa untuk mempersentasikan hasil diskusinya . (2) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa: (a) kekurangannya yaitu: penerapan ini banyak menyita waktu. (b) kelebihannya yaitu: siswa dapat berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran.
