Implementasi Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Koknitif Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VII A di SMPN 2 Arjasa Kangean Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Suatu proses pembelajaran memiliki tujuan untuk mencetak siswa yang tidak hanya pandai secara teoritis, tetapi juga mampu mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan keseharian. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui hasil belajar guna menciptakan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya hasil belajar siswa kelas VII A di SMPN 2 Arjasa Kangean pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan observasi yang dilakukan, didapatkan data bahwa hasil siswa pada proses pembelajaran belum mencapai setengah jumlah siswa di dalam kelas, yakni sebesar 48,27%. Ketika diadakan asesmen harian, didapatkan data bahwa masih terdapat beberapa siswa yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), yakni sebesar 75% atau setengah dari total keseluruhan siswa. Hal ini menyebabkan guru harus melakukan remedial pada sebagian siswa tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pembelajaran PAI menggunakan metode Tipe Jigsaw.
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A di SMPN 2 Arjasa Kangean pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan metode pembelajaran Tipe Jigsaw.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A di SMPN 2 Arjasa Kangean yang berjumlah 29 siswa, dengan rincian 22 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Alasan pemilihan kelas VII A sebagai subjek penelitian adalah karena pada kelas VII SMP merupakan masa transisi siswa dari jenjang SD menuju jenjang SMP sehingga terdapat beberapa permasalahan, salah satunya kurang optimalnya keaktifan belajar selama proses pembelajaran.
Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa metode Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus, siswa yang nilainya dalam kategori tuntas sebesar 85%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus I menjadi 68,96%, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 82,75%.
