| dc.description.abstract | Dalam beberapa tahun terakhir ini berpikir kritis telah menjadi suatu istilah yang sangat populer dalam dunia pendidikan. Karena banyak alasan, para pendidik menjadi lebih tertarik untuk mengajarkan keterampilan berpikir dengan berbagai corak. Guru berperan sekali di dalam dunia pendidikan. Dengan adanya peran guru tentunya akan dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, apalagi pada zaman ini dimana siswa harus lebih aktif salah satunya dengan berpikir kritis, disini guru dituntut bisa memberikan ide-ide terbarunya pada saat melakukan proses pembelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di SMPN 1 Masbagik, 2) Untuk mendeskripsikan Faktor-faktor yang mendasari Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di SMPN 1 Masbagik.
Penelitian tersebut merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan fakta-fakta deskriptif berupa informasi-informasi yang diperoleh dari responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMPN 1 Masbagik dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 1 Masbagik sudah dilakukan dengan peran guru sebagai pengajar, pengelola kelas, sebagai motivator, dan sebagai evaluator.2) Faktor-faktor yang mendasari kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 1 Masbagik yaitu faktor fisiologi, faktor psikologi, kemandirian belajar dan interaksi. | en_US |