View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama dalam Upaya Meningkatkan Daya Ingat pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam di MTS YPIP Panjeng Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.379Mb)
    Date
    2024-08-24
    Author
    Syafaah, Dina Lailatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan khusus penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Daya ingat siswa dengan menggunakan metode Sosiodrama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs YPIP Panjeng Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya daya ingat siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang disebabkan pembelajaran yang monoton. Pembelajaran yang hanya menggunakan metode monoton dan tidak di lengkapi dengan metode penggunaan yang menarik, sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi untuk menerapakan apa yang telah disampaikan. Sehingga tidak sedikit siswa yang mengantuk, ngobrol, dan tidak konsentrasi bahkan siswa cenderung jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Sehingga tidak menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan Teknik tes berbentuk lembar observasi, kemudian data itu dianalisis dengan menggunakan rumus peresentase dan ratarata. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (I) aktivitas guru meningkat dari 4,05% (baik) pada siklus I menjadi 4,66% (sangat baik) pada siklus II, aktifitas siswa meningkat dari 3,32% (cukup baik) pada siklus I menjadi 4,42% (baik) pada siklus II, (2) hasil belajar SKI siswa meningkat dari 2,11% (rendah) pada siklus I menjadi 2,28% (cukup baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan daya ingat siswa pada materi SKI dan kemampuan guru dalam mengajar meningkat menjadi lebih baik.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/96
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV