Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual di MTS Miftahul Ulum Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan media yang kurang menarik bagi siswa,sehingga siswa dalam belajare kurang efektif. Dalam hal ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar siswa, sehingga untuk memperoleh ketuntasan dalam proses belajar mengajar perlu diterapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1)Bagaimana penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024. (2)Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX setelah menggunakan media pembelajaran audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dari setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual ini dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih berdasarkan nilai tes yang diberikan kepada siswa selalu mengalami peningkatan. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 5 orang (19,23%), kemudian diperbaiki pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang (43,30%), dan pada siklus II seluruh siswa kelas IX mengalami ketuntasan dalam belajar yaitu sebanyak 26 orang (100%).
