| dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-Wathaniyah Kolo-Kolo, Arjasa, Kangean Tahun Pelajaran 2023-2024”. Oleh karena itu yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode Talking Stick dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Wathaniyah tahun pelajaran 2023-2024, (2) Bagaimana hasil peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Wathaniyah tahun pelajaran 2023-2024. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap melalui siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yairu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Penerapan metode Talking Stick dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Wathaniyah berlangsung dengan baik dan meningkatkan keaktifan belajar siswa yang dilihat dari langkah-langkah metode Talking Stick (2) Metode Talking Stick di kelas VII MTs Al-Wathaniyah tergolong kategori baik. Tingkat keaktifan siswa dilihat dari pra siklus sebesar 38, 8%, siklus I sebesar 69, 3 dan siklus II sebesar 90, 7%. | en_US |