View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Tadris Matematika
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Tadris Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expland, Review) untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (11.28Mb)
    Date
    2024-08-24
    Author
    Cahyaning Pitaloka, Indri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berpikir kritis matematis merupakan suatu kemampuan yang sangat penting untuk ditingkatkan bagi siswa salah satunya pada tingkat SMP. Hal ini dikarenakan rendahnya prestasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dikaca internasional. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dalam peningkatan berpikir kritis matematis siswa yakni model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Explant, Review). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran MURDER dan mengetahui apakah penerapan model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan berpikir kritis matematis pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK (Penerapan Tindakan Kelas) dengan pelaksanaan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Praya. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, tes, dan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu penerapan model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa SMP berdasarkan peningkatan hasil ketuntasan tes akhir siklus sebesar 36,27% yakni 50,09% pada siklus I menjadi 86,36% pada siklus II dan peningkatan hasil aktivitas siswa sebesar 9,43% yakni 71,55% pada siklus I menjadi 80,98% pada siklus II serta peningkatan hasil aktivitas guru dengan rata-rata 3,8 pada siklus I menjadi 3,9 pada siklus II sebesar 9,43% .
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/127
    Collections
    • Program Studi Tadris Matematika

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV