| dc.description.abstract | Berpikir kritis matematis merupakan suatu kemampuan yang sangat penting untuk ditingkatkan bagi siswa salah satunya pada tingkat SMP. Hal ini dikarenakan rendahnya prestasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dikaca internasional. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dalam peningkatan berpikir kritis matematis siswa yakni model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Explant, Review). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran MURDER dan mengetahui apakah penerapan model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan berpikir kritis matematis pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK (Penerapan Tindakan Kelas) dengan pelaksanaan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Praya. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, tes, dan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu penerapan model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa SMP berdasarkan peningkatan hasil ketuntasan tes akhir siklus sebesar 36,27% yakni 50,09% pada siklus I menjadi 86,36% pada siklus II dan peningkatan hasil aktivitas siswa sebesar 9,43% yakni 71,55% pada siklus I menjadi 80,98% pada siklus II serta peningkatan hasil aktivitas guru dengan rata-rata 3,8 pada siklus I menjadi 3,9 pada siklus II sebesar 9,43% . | en_US |