Show simple item record

dc.contributor.authorRozi, Fahrur
dc.date.accessioned2025-11-24T12:20:35Z
dc.date.available2025-11-24T12:20:35Z
dc.date.issued2024-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/128
dc.description.abstractAsrama Ma’hadul Qur’an Nomor 16 adalah salah satu kamar takhsis yang menggunakan metode kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dalam proses pembelajaran, khususnya Ilmu Faraidh. metode ini dianggap mempunyai peran dalam meningkatkan minat belajar santri pada Ilmu Faraidh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode kelipatan persekutuan terkecil (KPK) di Asrama Ma’hadul Qur’an Nomor 16. Serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar santri berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC) dengan menggunakan metode KPK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, yaitu penelitian yang pengambilan data dari lapangan dan pengamatan secara langsung mengenai fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) implementasi dengan menggunakan metode KPK berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari proses pelaksanaan kegiatan. (2) pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan metode KPK dapat meningkatkan minat belajar santri pada Ilmu Faraidh hal ini terbukti bahwa santri aktif,senang dan merasa lebih mudah dalam memecahkan masalah Faraidh, dan perubahan yang sangat signifikan yang dirasakan sebelum dan sesudah implementasi metode KPK.en_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectimplementasi Metode KPK, Ilmu Faraid, Minat belajar santri.en_US
dc.titleAnalisis Minat Belajar Santri Berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC) dengan Menggunakan Metode Kelipatan Persekutuaan Terkecil (KPK) pada Materi Matematika Faraidhen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record