View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Surat-Surat Pendek pada Anak Kelompok B di RA Muslimat NU 54 di Jatiroto Lumajang Tahun Pelajaran 2023-2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.931Mb)
    Date
    2024-08-21
    Author
    Nuraeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran di RA Muslimat NU 54 Jatiroto Lumajang sangat membutuhkan metode dalam pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu penerapan metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek dengan metode ini anak dapat mudah dan cepat dalam membaca surat-surat pendek dengan tepat dan fasih. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode Tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 54 Jatiroto 2) Bagaimana hasil dari penerapan metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 54 Jatiroto. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah Tindakan yang sengaja untuk dimunculkan dan terjadi di dalam kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini: 1) Proses penerapan metode Tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak yaitu dimulai dengan anak dibagi menjadi tiga kelompok, selanjutnya guru memberi materi, arahan, dan mempraktikkan contoh surat-surat pendek dengan metode Tahsin. Kemudian anak melaksanakan kegiatan membaca surat-surat pendek dengan metode Tahsin sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru. 2) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak. Pada pra siklus presentase anak 40% dan setelah dilakukan Tindakan pada siklus I hanya 8 anak dari jumlah 15 anak yang dinyatakan mampu mencapai kriteria ketuntasan maksimal, dengan presentase 53,3%. Sedangkan pada siklus II terdapat 12 anak yang sudah berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu dengan presentase 80%. Berdasarkan hasil siklus II, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya karena telah mencapai target ketuntasan yang sudah ditetapkan yakni 80%.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/151
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV