| dc.description.abstract | Pembelajaran di RA Muslimat NU 54 Jatiroto Lumajang sangat membutuhkan metode dalam pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu penerapan metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek dengan metode ini anak dapat mudah dan cepat dalam membaca surat-surat pendek dengan tepat dan fasih. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode Tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 54 Jatiroto 2) Bagaimana hasil dari penerapan metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 54 Jatiroto. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah Tindakan yang sengaja untuk dimunculkan dan terjadi di dalam kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini: 1) Proses penerapan metode Tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak yaitu dimulai dengan anak dibagi menjadi tiga kelompok, selanjutnya guru memberi materi, arahan, dan mempraktikkan contoh surat-surat pendek dengan metode Tahsin. Kemudian anak melaksanakan kegiatan membaca surat-surat pendek dengan metode Tahsin sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru. 2) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca surat-surat pendek pada anak. Pada pra siklus presentase anak 40% dan setelah dilakukan Tindakan pada siklus I hanya 8 anak dari jumlah 15 anak yang dinyatakan mampu mencapai kriteria ketuntasan maksimal, dengan presentase 53,3%. Sedangkan pada siklus II terdapat 12 anak yang sudah berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu dengan presentase 80%. Berdasarkan hasil siklus II, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya karena telah mencapai target ketuntasan yang sudah ditetapkan yakni 80%. | en_US |