View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Pembelajaran pada Anak Tunagrahita Kelas 1C Sdlb Bina Wiyata Putra Kota Situbondo Tahun pelajaran 2023-2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.088Mb)
    Date
    2024-08-22
    Author
    Halimah Z.A Ansori, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran adalah sebuah proses yang melibatkan kegiatan interaksi antara guru dan siswa, serta komunikasi timbal balik dalam situasi untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan utama adalah membantu anak mengembangkan keterampilan untuk mandiri dan berinteraksi dengan masyarakat secara efektif. Pembelajaran pada anak tunagrahita sangat berbeda dari pada pembelajaran pada anak pada umumnya. Pembelajaran ini bisa dikatakan mirip dengan menggunakan metode bermain yang diterapkan pada anak usia dini. Semisalnya, pembelajaran media puzzle, anak tunagrahita memerlukan pendekatan yang lebih terstruktur seperti pemberian contoh langsung agar dapat diikuti atau diberi arahan langsung dari awal sampai akhir cara menyatukan kembali pada puzzle. Kesulitan utama yang dialami anak tunagrahita adalah kemampuan mereka yang terbatas dalam memahami dan mengerti penjelasan. Mereka cenderung mudah lupa, sehingga memerlukan pengulangan materi secara rutin untuk memperkuat ingatan. Pendekatan ini bertujuan untuk membantu tunagrahita dalam mengatasi tantangan pembelajaran dan memastikan bahwa mereka dapat mengikuti pelajaran dengan lebih efektif. Bermain sambil belajar adalah suatu konsep yang sangat penting bagi anak. Konsep pembelajaran bagi anak adalah bagaimana mereka bermain, dengan bermain anak akan belajar tentang dunia luar dan lingkungan dimana mereka berada. Fungsi bermain pada anak mencakup perluasan keterampilan kreativitas, intelektual dan perkembangan sosial. Puzzle merupakan sebuah permainan menggabungkan gambar yang puzzle maka anak akan terlatih berpikir secara kritis. Mainan berupa gambar terbagi dalam potongan-potongan yang beraneka bentuk, bahan, ukuran, dari tingkat mudah. Puzzle memiliki gambar yang sangat bervariasi seperti mobil, buah-buahan dan sebagainya. Secara tidak langsung anak akan diminta memecahkan sebuah masalah. Masalahnya adalah menggabungkan potongan-potongan sehingga berbentuk menjadi sebuah gambar yang utuh.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/152
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV