View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Bermain Plastisin dan Membentuk Geometri pada Kelompok A di RA Arroyyan Gunung Borok Desa Setiling Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (4.053Mb)
    Date
    2024-08-22
    Author
    Yulmiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meningkatkan motorik halus anak usia dini sangat penting untuk perkembangannya fisiknya melalui kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri. Dalam kegiatan bermain plstisin dan membentuk geometri anak-anak bisa mengetahui cara membuat plastisin dari bahan-bahan yang aman, dan bisa membuat berbagai macam bentuk geometri dari plastisin untuk meningkatkan peningkatan motorik halusnya sehingga melalui pembelajaran ini anak-anak tidak merasa bosan karena langsung menggunakan benda konkretnya. Beberapa masalah yang ada pada penelitian yang dilakukan peneliti sebagai berikut: 1). Bagaimana pelaksanaan permainan plastisin dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri pada kelompok A di RA Arroyyan Gunung Borok Desa Setiling Lombok tengah tahun pelajaran 2023/2024. 2). Bagaimana hasil pelaksanaan kegiatan permainan plastisin dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri pada kelompok A di RA Arroyyan Gunung Borok Desa Setiling Lombok Tengah tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memecahkan masalah didalam kelas, pemecahan masalah secara bersiklus dan setiap siklus mempunyai tindakan dan perencanaan, berdasarkan hasil observasi peneliti menggunakan kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri, kemudian setelah dilakukannya penelitian tindakan kelas. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1). pada siklus I yakni dengan jumlah 83 dan nilai rata-rata 5, 53, dengan persentase 66, 7%. 2). pada siklus II peningkatan motorik halus anak semakin meningkat dengan total 90 dengan nilai rata-rata 6. Dan persentase mencapai 86, 7%
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/156
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV