| dc.description.abstract | Meningkatkan motorik halus anak usia dini sangat penting untuk perkembangannya fisiknya melalui kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri. Dalam kegiatan bermain plstisin dan membentuk geometri anak-anak bisa mengetahui cara membuat plastisin dari bahan-bahan yang aman, dan bisa membuat berbagai macam bentuk geometri dari plastisin untuk meningkatkan peningkatan motorik halusnya sehingga melalui pembelajaran ini anak-anak tidak merasa bosan karena langsung menggunakan benda konkretnya. Beberapa masalah yang ada pada penelitian yang dilakukan peneliti sebagai berikut: 1). Bagaimana pelaksanaan permainan plastisin dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri pada kelompok A di RA Arroyyan Gunung Borok Desa Setiling Lombok tengah tahun pelajaran 2023/2024. 2). Bagaimana hasil pelaksanaan kegiatan permainan plastisin dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri pada kelompok A di RA Arroyyan Gunung Borok Desa Setiling Lombok Tengah tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memecahkan masalah didalam kelas, pemecahan masalah secara bersiklus dan setiap siklus mempunyai tindakan dan perencanaan, berdasarkan hasil observasi peneliti menggunakan kegiatan bermain plastisin dan membentuk geometri, kemudian setelah dilakukannya penelitian tindakan kelas. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1). pada siklus I yakni dengan jumlah 83 dan nilai rata-rata 5, 53, dengan persentase 66, 7%. 2). pada siklus II peningkatan motorik halus anak semakin meningkat dengan total 90 dengan nilai rata-rata 6. Dan persentase mencapai 86, 7% | en_US |