View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembuatan Media Puzzle Mufrodat dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas III MI Nurul Huda Paowan Situbondo Tahun Pelajaran 2023-2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.661Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Umami, Nazilil
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembuatan media puzzle mufrodat dilatarbelakangi oleh belum adanya media yang menarik yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga diperlukan pengembangan media yang menarik untuk diterapkan pada mata pelajaran bahasa Arab khususnya materi mufrodat. Salah satu media yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar adalah permainan, yaitu berupa puzzle. Penelitian ini dilakukan di kelas III MI Nurul Huda Paowan Situbondo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa ketika diterapkannya media puzzle mufrodat. Penelitian ini menggunakan metode research & development (R&D) versi Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah sebagai berikut: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba skala kecil, 7) Revisi produk, 8) Uji coba skala besar, 9) Revisi produk, dan 10) Produksi massal. Instrumen pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Angket diberikan kepada ahli materi dengan persentase 86% dengan kategori “sangat layak” dan ahli bahasa dengan persentase 88% dengan kategori “sangat layak”. Selain para ahli, angket juga diberikan kepada guru dengan persentase 78% dengan kategori “layak” serta kepada 10 siswa dengan persentase 91,6% dengan kategori “sangat layak”. Hal tersebut juga dibuktikan oleh hasil uji skala kecil dengan nilai signifikansi 0,00 dan hasil uji skala besar yang juga menunjukkan nilai signifikansi 0,00, lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05), sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle mufrodat dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III MI Nurul Huda Paowan Situbondo.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/177
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV