| dc.description.abstract | Pembuatan media puzzle mufrodat dilatarbelakangi oleh belum adanya media yang menarik yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga diperlukan pengembangan media yang menarik untuk diterapkan pada mata pelajaran bahasa Arab khususnya materi mufrodat. Salah satu media yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar adalah permainan, yaitu berupa puzzle. Penelitian ini dilakukan di kelas III MI Nurul Huda Paowan Situbondo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa ketika diterapkannya media puzzle mufrodat.
Penelitian ini menggunakan metode research & development (R&D) versi Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah sebagai berikut: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba skala kecil, 7) Revisi produk, 8) Uji coba skala besar, 9) Revisi produk, dan 10) Produksi massal. Instrumen pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Angket diberikan kepada ahli materi dengan persentase 86% dengan kategori “sangat layak” dan ahli bahasa dengan persentase 88% dengan kategori “sangat layak”. Selain para ahli, angket juga diberikan kepada guru dengan persentase 78% dengan kategori “layak” serta kepada 10 siswa dengan persentase 91,6% dengan kategori “sangat layak”.
Hal tersebut juga dibuktikan oleh hasil uji skala kecil dengan nilai signifikansi 0,00 dan hasil uji skala besar yang juga menunjukkan nilai signifikansi 0,00, lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05), sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle mufrodat dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III MI Nurul Huda Paowan Situbondo. | en_US |