View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Pembuatan Buku Saku Muhawarah Bahasa Arab Berbasis Gambar untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Kelas V SDIT Ya Bunayya Ngroto Pujon Malang Tahun Pelajaran 2023-2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.505Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Wahyudi, Imam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran yang wajib bagi siswa, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbahasa Arab. Hasil belajar siswa pada materi percakapan kelas V SDIT Ya Bunayya Ngroto Pujon Malang. Penelitian ini diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab materi percakapan. Bahan Ajar buku saku menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDIT Ya Bunayya Ngroto Pujon Malang Tahun Pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Prosedur pelaksanaan tindakan dan penerapan di lokasi penelitian terbagi menjadi 5 tahap. lima tahap tersebut yaitu: potensi atau masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain. Penilaian dalam penelitian ini terdiri dari angket dan hasil belajar siswa. Pengamatan dilakukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Analisis perbedaan hasil belajar dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar menunjukkan perbedaan menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata (mean) nilai pre test yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai post-test yaitu 63 < 85, maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk buku ajar. Hasil uji t pada perhitungan manual dengan tingkat kepercayaan 0.05 dihasilkan bahwa thitung = 15.94 sedangkan ttabel = 2.145. hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar buku saku bahasa Arab Berbasis Gambar. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar buku saku bahasa Arab berbasis gambar yang dilengkapi dengan buku saku percakapan, ungkapan-ungkapan pendek, dan mufrodat.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/178
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV