Show simple item record

dc.contributor.authorWahyudi, Imam
dc.date.accessioned2025-11-24T17:19:40Z
dc.date.available2025-11-24T17:19:40Z
dc.date.issued2024-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/178
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran yang wajib bagi siswa, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbahasa Arab. Hasil belajar siswa pada materi percakapan kelas V SDIT Ya Bunayya Ngroto Pujon Malang. Penelitian ini diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab materi percakapan. Bahan Ajar buku saku menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDIT Ya Bunayya Ngroto Pujon Malang Tahun Pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Prosedur pelaksanaan tindakan dan penerapan di lokasi penelitian terbagi menjadi 5 tahap. lima tahap tersebut yaitu: potensi atau masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain. Penilaian dalam penelitian ini terdiri dari angket dan hasil belajar siswa. Pengamatan dilakukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Analisis perbedaan hasil belajar dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar menunjukkan perbedaan menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata (mean) nilai pre test yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai post-test yaitu 63 < 85, maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk buku ajar. Hasil uji t pada perhitungan manual dengan tingkat kepercayaan 0.05 dihasilkan bahwa thitung = 15.94 sedangkan ttabel = 2.145. hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar buku saku bahasa Arab Berbasis Gambar. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar buku saku bahasa Arab berbasis gambar yang dilengkapi dengan buku saku percakapan, ungkapan-ungkapan pendek, dan mufrodat.en_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectBuku Saku Muhawarah Bahasa Arab, Untuk Meningkatkan Maharah Kalamen_US
dc.titleProses Pembuatan Buku Saku Muhawarah Bahasa Arab Berbasis Gambar untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Kelas V SDIT Ya Bunayya Ngroto Pujon Malang Tahun Pelajaran 2023-2024en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record