View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Metode Pembel Implementasi Metode Pembelajaran Amstilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Putri di Lembaga Amstilati Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Tahun Pelajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.926Mb)
    Date
    2024-08-25
    Author
    Agustina, Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kitab kuning merupakan bagian penting dalam pondok pesantren, khususnya di pondok pesantre salafiyah syafi’iyah sukorejo, dengan hal itu maka diadakanlah lembaga yang lebih khusus untuk mendalami kitab kuning yaitu lembaga Amsilati yang berada di bawah naungan pendidikan non formal Tujaun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1.Implementasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. 2.Untuk mengetahui evaluasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. Adapun masalah dalam penelitian yaitu: 1. Bagaimana Implementasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. 2. Bagaimana evaluasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Pelaksanaan metode ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama memahami materi. Tahapan kedua, menghafalkan materi serta nadhamnya. Tahapan ketiga, adalah membaca kitab kuning disetai tanya jawab. Hasil dari implementasi ini, siswi dapat membaca dan memahami materi dengan baik. 2. Evaluasi metode pembelajaran Amtsilati sebagai bentuk mengetahui tentang strategi pembelajaran dengan menggunakan metode Amtsilati disini terdapa beberapa kendala diantaranya: (a) kurangnya minat hafalan santri (b) contoh yang kebanyakan diambil dari Al-qur’an, selain itu juga diadakanlah evaluasi lisan yang diantaranya terdiri dari 3 tahapan: (a) evaluasi try out 1 (b) try out 2 (c) ujian akhir Amtsilati dan (d) ujian laporan terbuka.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/189
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV