Show simple item record

dc.contributor.authorAgustina, Ayu
dc.date.accessioned2025-11-24T17:41:42Z
dc.date.available2025-11-24T17:41:42Z
dc.date.issued2024-08-25
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/189
dc.description.abstractKitab kuning merupakan bagian penting dalam pondok pesantren, khususnya di pondok pesantre salafiyah syafi’iyah sukorejo, dengan hal itu maka diadakanlah lembaga yang lebih khusus untuk mendalami kitab kuning yaitu lembaga Amsilati yang berada di bawah naungan pendidikan non formal Tujaun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1.Implementasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. 2.Untuk mengetahui evaluasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. Adapun masalah dalam penelitian yaitu: 1. Bagaimana Implementasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. 2. Bagaimana evaluasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Pelaksanaan metode ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama memahami materi. Tahapan kedua, menghafalkan materi serta nadhamnya. Tahapan ketiga, adalah membaca kitab kuning disetai tanya jawab. Hasil dari implementasi ini, siswi dapat membaca dan memahami materi dengan baik. 2. Evaluasi metode pembelajaran Amtsilati sebagai bentuk mengetahui tentang strategi pembelajaran dengan menggunakan metode Amtsilati disini terdapa beberapa kendala diantaranya: (a) kurangnya minat hafalan santri (b) contoh yang kebanyakan diambil dari Al-qur’an, selain itu juga diadakanlah evaluasi lisan yang diantaranya terdiri dari 3 tahapan: (a) evaluasi try out 1 (b) try out 2 (c) ujian akhir Amtsilati dan (d) ujian laporan terbuka.en_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectmetode Amstilati, Kitab Kuningen_US
dc.titleImplementasi Metode Pembel Implementasi Metode Pembelajaran Amstilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Putri di Lembaga Amstilati Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Tahun Pelajaran 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record