| dc.description.abstract | Kitab kuning merupakan bagian penting dalam pondok pesantren, khususnya di
pondok pesantre salafiyah syafi’iyah sukorejo, dengan hal itu maka diadakanlah lembaga
yang lebih khusus untuk mendalami kitab kuning yaitu lembaga Amsilati yang berada di
bawah naungan pendidikan non formal
Tujaun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1.Implementasi metode
pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri
di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. 2.Untuk mengetahui evaluasi metode
pembelajaran Amstilati dalam meningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri putri
di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah sukorejo. Adapun masalah dalam penelitian
yaitu: 1. Bagaimana Implementasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan
kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah
sukorejo. 2. Bagaimana evaluasi metode pembelajaran Amstilati dalam meningkatan
kemampuan membaca kitab kuning santri putri di lembaga Amstilati salafiyah syafi’iyah
sukorejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu: 1. Pelaksanaan metode ini dibagi menjadi tiga tahapan.
Pada tahapan pertama memahami materi. Tahapan kedua, menghafalkan materi serta
nadhamnya. Tahapan ketiga, adalah membaca kitab kuning disetai tanya jawab. Hasil dari
implementasi ini, siswi dapat membaca dan memahami materi dengan baik. 2. Evaluasi
metode pembelajaran Amtsilati sebagai bentuk mengetahui tentang strategi pembelajaran
dengan menggunakan metode Amtsilati disini terdapa beberapa kendala diantaranya: (a)
kurangnya minat hafalan santri (b) contoh yang kebanyakan diambil dari Al-qur’an, selain
itu juga diadakanlah evaluasi lisan yang diantaranya terdiri dari 3 tahapan: (a) evaluasi try
out 1 (b) try out 2 (c) ujian akhir Amtsilati dan (d) ujian laporan terbuka. | en_US |