Implementasi Pola Asuh Demokratis Orang Tua pada Siswa di MTS Negeri 10 Banyuwangi
Abstract
Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuh
kembangkan prestasi anak, karena orang tua selain sebagai pemimpin, juga
sebagai guru pertama bagi anak, pembimbing, pengajar, dan sebagai teladan bagi
anak-anaknya. dan penerapan pola asuh orang tua pada anak dengan penuh kasih
sayang dan tidak terlalu mengekang dan menuntut anak untuk mengikuti
perkataan orang tua dan orang tua juga memberi kebebasan dalam
mengungkapkan pendapat anak atau isi hati anak, tapi juga harus ada
pengontrolan dan pengawasan pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi pola asuh demokratis orang tua di MTsN 10
Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
pola asuh demokratis pada remaja. Faktor pendukung pola asuh demokratis ialah
kecenderungan faktor usia orang tua, adanya peran orang tua pada pengawasan
anak, Penuh kasih sayang terhadap anak mereka, Ketiga orang tua yang
menerapkan pola asuh demokratis telah menghasilkan anak-anak yang cerdas dan
prestasi dengan baik. Anak yang dibesarkan dengan pola asuh demokratis mampu
meningkatkan dalam pembelajaran sekolah, dan meningkatkan prestasi seperti
mengikuti lomba olimpiade MIPA, Matematika, dan Bahasa Inggris.
