View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Communication Skill dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Asembagus Tahun Pelajaran 2023-2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.892Mb)
    Date
    2024-08-24
    Author
    Ghafur, Nabila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Communication skill siswa menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh siswa karena siswa yang aktif akan membuat wawasan dan cara berfikirnya bertambah luas. Hal ini juga berpengaruh pada hasil belajar, siswa yang aktif dan sering menjawab pertanyaan maupun menjelaskan jawaban akan memperoleh nilai tambahan. Untuk melatih communication skill dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran yang sesuai antara materi pelajaran dan keadaan siswa. Model pembelajaran discovery learning menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan communication skill dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Asembagus. Dari uraian diatas, peneliti meneliti model pembelajaran discovery learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran dengan rumusan sebagai berikut: 1. Bagaimana implementasi model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII A SMP Negeri 3 Asembagus tahun pelajaran 2023/2024 2. Bagaimana peningkatan communication skill dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam kelas VIII A SMP Negeri 3 Asembagus? Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan selama II siklus. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan communication skill dan hasil belajar. Penerapan discovery learning pada siswa mengalami peningkatan 34,1% dari siklus I (53,6%) ke siklus II (87,7%). Hasil communication skill siswa pada pra siklus (39,6 %) mengalami xiii peningkatan 11,5 % ke siklus I (51,1 %), pada siklus I (51,5 %) ke siklus II (82,6 %) mengalami peningkatan 31,5 %. Kesimpulan dari keseluruhan nilai communication skill terdapat perkembangan yang signifikan. Pada hasil belajar siswa memperoleh hasil yang meningkat yaitu pra siklus dengan presentase 9,09 %. Kemudian peneliti melakukan tindakan kelas dan memperoleh 36,3 % pada siklus I. Siklus II yang dilaksanakan kembali oleh peneliti menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning bisa meningkatkan hasil belajar dengan memperoleh presentase sebesar 90 % pada siklus II.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/79
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV