View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Metode Talaqqi dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ As’adiyah Pandean Paiton Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.802Mb)
    Date
    2024-08-22
    Author
    Nikmah, Uzlatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses menuntut ilmu menurut Imam Asy-Syafii’I ada enan perkara salah satunya adalah bimbingan guru, begitu juga dengan belajar Al-Qur’an. Bagaimana kita mengetauhui makhroj dan bacaan-bacaan Al-Qur’an, pengucapannya bagaimana, posisi mulut seperti apa itu dapat dipelajari dengan menggunakan metode Talaqqi, yaitu belajar bacaan Al-Qur’an dengan dicontohkan oleh seorang guru Al-Qur’an kemudian diikuti oleh murid serta dibenarkan langsung ketika terjadi kesalahan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Talaqqi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ As’adiyah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana imlplementasi metode Talaqqi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ As’adiyah Pandean Paiton Probolinggo. (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca AlQur’an dengan diterapkannya metode Talaqqi di TPQ As’adiyah Pandean Paiton Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekskiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode Talaqqi efektif dan berhasil memberikan peningkatan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Pertama, kualitas bacaan murid meningkat dengan perbaikan sesuia dengan kaidah ilmu tajwid Kedua, pemahaman tajwid murid menjadi lebih mendalam, memungkinkan mereka untuk menerapkan aturan tajwid dengan lebih tepat dalam bacaan mereka. Ketiga, kelancaran membaca Al-Qur’an juga mengalami perbaikan, tidak mengejangeja dalam membacanya
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/82
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV