| dc.description.abstract | Proses menuntut ilmu menurut Imam Asy-Syafii’I ada enan perkara salah satunya adalah bimbingan guru, begitu juga dengan belajar Al-Qur’an. Bagaimana kita mengetauhui makhroj dan bacaan-bacaan Al-Qur’an, pengucapannya bagaimana, posisi mulut seperti apa itu dapat dipelajari dengan menggunakan metode Talaqqi, yaitu belajar bacaan Al-Qur’an dengan dicontohkan oleh seorang guru Al-Qur’an kemudian diikuti oleh murid serta dibenarkan langsung ketika terjadi kesalahan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Talaqqi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ As’adiyah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana imlplementasi metode Talaqqi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ As’adiyah Pandean Paiton Probolinggo. (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca AlQur’an dengan diterapkannya metode Talaqqi di TPQ As’adiyah Pandean Paiton Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekskiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode Talaqqi efektif dan berhasil memberikan peningkatan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Pertama, kualitas bacaan murid meningkat dengan perbaikan sesuia dengan kaidah ilmu tajwid Kedua, pemahaman tajwid murid menjadi lebih mendalam, memungkinkan mereka untuk menerapkan aturan tajwid dengan lebih tepat dalam bacaan mereka. Ketiga, kelancaran membaca Al-Qur’an juga mengalami perbaikan, tidak mengejangeja dalam membacanya | en_US |