| dc.description.abstract | Assessment of Learning atau yang bisa disebut pula dengan evaluasi pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang harus diterapkan oleh tenaga pendidik dalam setiap pelaksanaan pembelajaran. dalam setiap rangkaian tahapan pembelajaran yang baik, Assessment harus dilakukan secara terus menerus. Kegiatan Assessment pembelajaran harus dilakukan secara terencana dan saling berhubungan antar faktor penunjang pendidikan, agar dapat berfungsi sebagai alat untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pelaksanaan belajar mengajar yang telah dilakukan guna mencapai tujuan. Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimana urgensi assessment of learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan fokus pada urgensi assessment of learning di SMPN 1 Jangkar. Dalam kajian teori, peneliti menggunakan secara umum teori yang terkait dengan masalah yang disebutkan diatas, yaitu teori Assessment dengan memperhatikan keberhasilan yang telah dicapai selama mengikuti pendidikan. Peneliti mengambil objek penelitian diSMPN 1 Jangkar dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan paparan data dan pembahasan data maka dapat disimpulkan assessment of learning hal yang sangat penting dan menjadi krusial dalam memastikan bahwa tujuan kompleks dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam, antara lain: mengAssessment guru terkait metode dan media pembelajaran yang digunakanan, kejujuran akademik, dan menjaga kepercayaan publik. | en_US |