View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A pada Mata Pelajaran Fikih di MTS Nahdlatuth Thullaab Segobang Licin Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023–2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (4.030Mb)
    Date
    2024-08-24
    Author
    Mutamimah, Nur Hafidatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar mengajar adalah salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan di sekolah sehingga perlu persiapan yang baik, agar peserta didik mampu belajar aktif dan interaktif. Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VIII A MTs Nahdlatuth Thullaab Segobang Licin menunjukkan belum terlihat keaktifan belajar siswa di dalam pembelajaran. Untuk memperbaiki kondisi tersebut diperlukan suatu cara agar peserta didik dapat aktif melakukan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode team quiz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun tujuan yang dilakukan peneliti adalah untuk menjawab fokus penelitian yaitu sebagai berikut: Bagaimana penerapan metode team quiz pada mata pelajaran Fikih kelas VIII A di MTs Nahdlatuth Thullaab Segobang Licin. Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dengan metode team quiz pada materi tentang Ketentuan Makanan dan Minuman Haram kelas VIII A. Penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan penelitian jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau research action class, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan mulai prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada penelitian ini dilakukan prosedur penelitian menggunakan dua siklus penelitian. Tahapan siklus penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penerapan tindakan kelas diperoleh analisis tingkat aktivitas belajar siswa setelah penerapan metode team quiz, dengan perolehan persentase sebesar 43% pada prasiklus, pada siklus I persentase naik menjadi 68%, dan pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat baik sebesar 93%. Hal ini sudah termasuk dalam pencapaian keaktifan belajar siswa.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/86
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV