| dc.description.abstract | Kegiatan belajar mengajar adalah salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan di sekolah sehingga perlu persiapan yang baik, agar peserta didik mampu belajar aktif dan interaktif. Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VIII A MTs Nahdlatuth Thullaab Segobang Licin menunjukkan belum terlihat keaktifan belajar siswa di dalam pembelajaran. Untuk memperbaiki kondisi tersebut diperlukan suatu cara agar peserta didik dapat aktif melakukan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode team quiz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Adapun tujuan yang dilakukan peneliti adalah untuk menjawab fokus penelitian yaitu sebagai berikut:
Bagaimana penerapan metode team quiz pada mata pelajaran Fikih kelas VIII A di MTs Nahdlatuth Thullaab Segobang Licin.
Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dengan metode team quiz pada materi tentang Ketentuan Makanan dan Minuman Haram kelas VIII A.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan penelitian jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau research action class, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan mulai prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada penelitian ini dilakukan prosedur penelitian menggunakan dua siklus penelitian. Tahapan siklus penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penerapan tindakan kelas diperoleh analisis tingkat aktivitas belajar siswa setelah penerapan metode team quiz, dengan perolehan persentase sebesar 43% pada prasiklus, pada siklus I persentase naik menjadi 68%, dan pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat baik sebesar 93%. Hal ini sudah termasuk dalam pencapaian keaktifan belajar siswa. | en_US |